Subscribe:

Ads 468x60px


Labels

07 Agustus 2011

Lunar Calendar

Kata Imlek adalah bunyi dialek Hokkian yang berasal dari kata Yin Li (阴历, baca: IN LI) yang berarti “penanggalan bulan” alias lunar calendar.

Penanggalan China berdasarkan peredaran bulan di tata surya sehingga disebut dengan Yin Li. Sementara penanggalan yang kita kenal sekarang, dan dipakai luas seluruh dunia disebut dengan Yang Li (阳历) di dalam bahasa Mandarin, artinya adalah “penanggalan matahari”.

Perayaan Chinese New Year sebenarnya adalah perayaan menyambut musim semi yang disebut dengan Chun Jie (春节, baca: juen cie), yang artinya “menyambut musim semi”. Musim semi disambut dengan sukacita karena musim dingin akan segera berlalu dan tibalah saat para petani untuk menanam lagi. Tanaman pangan terutama padi (China selatan) dan kebanyakan gandum (China utara) serta tanaman pertanian lainnya. Karena mengandalkan alam untuk kehidupan mereka, menyambut datangnya musim semi merupakan keharusan yang dirayakan dengan meriah.

Perayaan ini mulai dikenal di jaman Dinasti Xia (夏潮, sering ditulis Hsia juga, 2205 – 1766 SM). Setelah dinasti Xia runtuh, penanggalan Imlek selalu berubah sesuai dengan kemauan dinasti yang berkuasa. Biasa diambil adalah waktu berdirinya dinasti tsb. Baru pada masa Dinasti Han (206 SM – 220 M), penanggalan semua dari Dinasti Xia diresmikan sampai sekarang dan tahun kelahiran Khonghucu ditetapkan sebagai tahun pertama.

Penjelasan Perayaan dalam calendar Lunar:
Chinese New Year - Tahun Baru Imlek
Beginning Of Spring - Mulai Musim semi (1 Hari sesudah imlek)
Festival Lampion - Cap Go Me (15 Hari Sesudah Imlek)
Pure Brightness - Cheng Beng (Membersihkan Makam)
Dragon Boot Race - Festival Perahu Naga (Makan Bacang)
Ghosts Festival - Festival Hantu/Para Roh
Mid Autumn Festival - Festival Pertengahan Musim Gugur(Moon Cake)
Winter Solstice - Festival Titik Balik Matahari Musim Dingin (Makan Onde)

Untuk mengetahui hari imlek jatuh pada tanggal berapa..? Download aja softwarenya
disini

0 comments:

Posting Komentar